Minggu, 08 November 2015

Ren's Attempt To Watch (and Enjoy) Star Wars


 Star Wars....

Siapa sih yang ngga tahu Star Wars? Bahkan gw yang sebagai penonton awam pun udah denger nih film sejak jaman SD dulu. Gw masih inget, waktu itu majalah kesukaan gw, Bobo (masih ada ngga ya :v) memuat artikel tentang Star Wars. Gw inget masa - masa saat membaca tentang Luke Skywalker, Han Solo, Leia Organa, Chewbacca, Dart Vader, C3PO dan R2D2. Sayangnya, saat Episode IV - VI diputer ulang di bioskop kota gw, Malang, gw masih imut dan ortu bukan maniak nonton film. Jadilah gw ga nonton dan langsung skip ke Episode I, The Phantom Menace yang nyeritain tentang masa kecil Anakin Skywalker dan perjalanannya menjadi Jedi. Lanjut lagi ke Episode II, Attack of the Clones, yang sama kayak Episode I gw nontonnya via VCD (hahaha, jaman masih berlaku yang namanya VCD XD). Gw masih inget, pas itu klepek - klepek sama si Hayden Christensen yang meranin Anakin. Sebodo amat dibilang aktingnya jelek, gw yang pas itu masih SMP (atau SMA yak) mana ngerti sih masalah akting bagus atau jelek. Gw tahunya aktornya ganteng atau ngga (eaa :v). Masih lanjut juga ke Revenge of the Sith, si Hayden masih ganteng, hahahaha. Endingnya cukup bikin depresi, tapi karena walau ga nonton episode IV-VI tapi gw udah tahu garis besar ceritanya, bisa nerima. Kasihan si Padme :'( .

Hebatnya, gw masih inget cerita Episode I-III padahal nontonnya sudah sangat lama. But, no, gw bukan fans Star Wars kok, mengingat gw hanya nonton sekali untuk masing - masing episode, ga kayak gw nonton Lords of The Ring yang sampe 10 kali #serius.

Nah, kayaknya gw kena hype Star Wars VII: The Force Awakens, karena entah kesambet apa malam Sabtu kemaren gw binge-watching Star Wars episode IV-VI. Yah, mumpung dapet filenya dari Mba Indah Threez yang sudah berbaik hati menyupply asupan movie - movie di harddisk untuk ditonton kala lagi suntuk. Jujur, gw asli ga tahu bagusnya Star Wars dimana (dipentung fansnya), tapi gw paham, kalau episode IV-VI yang sangat super jadoel ini emang keren dilihat di masanya. Let's we begin with Episode IV, shall we?


Karena udah keracuni Guardian of the Galaxy dan Star Trek versi baru, melihat space battle di Star Wars tentu saja CGI dan teknologinya ga bisa dibandingin. Bahkan walau sudah di-upgrade sekalipun, gw tetep bisa lihat kalau efeknya tidak mulus bahkan buat mata gw sebagai penonton awam. Secara cerita, benernya sederhana banget kok Episode IV, A New Hope ini. Dibuka dengan adegan pesawat Leia dibajak Darth Vader, terus dua droid Leia C3PO dan R2-D2 dikirim ke Tatooine dan kebetulan (atau it has been written in destiny :v) mereka ketemu Luke Skywalker. Disini Mark Hamill masih muda kinyis deh, ga ganteng, tapi kinyis, hahaha. Luke lalu ketemu Ben Kenobi yang dianggap orang gila, dan ternyata Ben ini Obi Wan Kenobi, jedi master yang dicari Leia. Tau kalau Leia butuh bantuan, Obi Wan dan Luke lalu berusaha nyari pesawat buat nyelamatin Leia. Mereka pun ketemu Han Solo, diperanin sama opa Harrison Ford pada masa jayanya XD dan sidekicknya, Chewbacca. Dengan naik Millenium Falcon mereka pergi ke Alderaan, sayangnya udah dibom aja tuh planet. Mereka lalu nyusup ke kapalnya si Vader, nyelamatin Leia, tapi sayang si Obi Wan *** *** . Luke lalu bergabung sama gerakan Resistance, bersama Han yang ogah - ogahan buat ngehancurin Death Star, kapal perangnya Darth Vader.

Episode V, The Empire Strikes Back nyeritain udah tiga tahun sejak episode IV, jadi Mark Hamill sudah tidak kinyis, tapi Opa Ford masih cakep :v. Carrie Fisher yang jadi Leia, aduh cantik sekali *_*. Disini juga bibit - bibit sexual tension antara Han Solo dan Leia udah mulai, dan duh, suka gw liatnya. Macem yang ada di romance novel yang sering gw baca XD. Nah, Luke sendiri disuruh Obi Wan buat nemuin Yoda untuk latihan jadi Jedi Master sementara Han Solo dan Leia..gw lupa mereka berdua kemana karena pas nonton nih film gw sambi ngegame :v. Yodanya lucuuuu, dan cara ngomongnya yang unik bikin ini karakter jadi sangat memorable. Nah, skip skip, sampailah di adegan favorit penonton...

Darth Vader: "Luke, I'm your father".
Luke (gelantungan di tiang): "Nooooo...."

jeng jeng jejejeng jeng jeng :P

Ngomong - ngomong adegan ini ditiru sama si Christoper Paolini di Eldest. Silakan cari dimana ya, hehe.

Di sisi lain, Han Solo ma Leia ketangkep sama Darth Vader (adegannya sih sebelum adegan fave itu) dan Han Solo dibekuin dalam carbonite. Nah ada lagi salah satu quote memorable di film ini:

Han Solo: "I love you."
Leia: "I know"

Gw jadi kepikiran, kayaknya dialog Avatar yang "I See You" "And You" itu keinspirasi quote ini deh. Yah, romantis abis ya Han sama Leia #malu, walau sok - sokan saling ga suka.

Lanjut ke Episode VI, Return of the Jedi...jujur gw biasa aja sama film ini, masih lebih sukaan Empire Strikes Back. Untuk penutup sebuah trilogy, emang menurut gw kurang "grandeur" sih. Tapi interaksi antara Luke-Leia-Han masih juara di film ini. Terutama di bagian awal saat Luke dan Leia berusaha nyelamatin Han dari Jabba the Hut. Biasanya kan...cowo yang nyelamatin cewe, ini malah Leia yang nyelamatin Han. Yah, walau endingnya Leia ketangkep si Jabba, tapi in the end, Leia juga yang ngebunuh Jabba. Leia emang putri, tapi dia juga badass dengan caranya sendiri XD. Yang bikin gw ketawa, saat adegan terakhir dimana Luke merayakan kemenangan atas Empire, ada roh Yoda, Obi Wan dan ayahnya, Anakin. Lucunya, Anakin disini Anakin versi Hayden Christensen!  Rasanya awkward banget ya XD.

Pendapat gw secara overall buat trilogi pertama Star Wars ini (dilihat dari tahun penayangan ) adalah...banyak banget dialog super cheesy dan akting yang rada aneh XD. Entahlah, gw malah ketawa - ketawa nonton para aktornya ngemeng, karena gw emang ngerasa kalau dialognya rada kaku. Masalah efek, gw ga akan banyak bahas karena emang ga adil ngebandingin sama film - film jaman sekarang. Tapi, jujur deh, emang dulu kenapa banyak yang suka Star Wars IV ya? Imho, ceritanya sangat sederhana sebenarnya, alurnya linear dan kejutannya pun tak banyak. Dibilang seru juga, tidak terlalu seru sih. Mungkin sih ya, pas jaman film ini diputer (tahun 77. Gw ya jelas direncanakan aja belum :v. Emak ma bokap gw juga belum ketemu), belum banyak film serupa, jadi berkesan banget buat penonton. Sama kayak film Jurrasic Park yang memorable itu. Cuma sayangnya Star Wars tidak memorable buat gw, karena nontonnya super telat.

Anyway, Star Wars sendiri memang memberi impact yang sangat besar pada culture pop. Film resminya memang hanya ada 6 (plus episode spesial Natal), tapi jangkauannya sangat luas. Mulai dari animasi, video game, bahkan sampai ke ranah buku. Gw sering sekali nemu buku - buku bertema Star Wars, yang nyeritain keluarga Luke, dimana dia nikah dan punya anak, plus juga keluarga Han-Leia. Karena bukunya banyak, gw jadi bingung mau mulai dari yang mana. Mengingat gw juga ga terlalu ngefans, mungkin bisa gw skip lah buku - buku ini. Saking gedenya impact Star Wars, sampai 4 Mei diperingati sebagai harinya Star Wars. May the Fourth Be With You, hehe :). Karakter - karakternya pun bolak balik masuk list - list film bergengsi, terutama Darth Vader yang dianggap sebagai best Villain. Kalau menurut gw sih, dia best karena "Luke, aku bapakmu" itu XD.

Oh ya, ada illustrasi yang lucu juga tentang itu :))



Nah, episode VII: The Force Awakens akan ditayangin ntar Desember. Gw nonton semata selain emang suka nonton, biar kekinian aja :v. Gw punya firasat nih film bakal kayak Jurrasic World, mau aktingnya gimana, ceritanya gimana, bakal banyak yang nonton karena faktor nostalgia.

Belum nonton Star Wars? Ga ada istilah terlambat sih :b. Saran gw, nontonnya IV-V-VI-I-II-III biar pengalaman nontonnya memuaskan. Mau nonton episode I dulu? Boleh- boleh aja, biar dapat sejarahnya si Anakin Skywalker, tapi jangan kagok ya pas ntar nonton episode IV karena efeknya yang super jadul!


I find your lack of faith disturbing
-Darth Vader-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar